Pemerintah Kayong Utara Berkomitmen Netral pada Pemilu 2024

Pemerintah Kayong Utara Berkomitmen Netral pada Pemilu 2024

Sukadana, Media CenterKU - Penjabat (Pj) Bupati Kayong Utara Romi Wijaya menegaskan komitmen yang kuat dalam menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) serta memberikan dukungan kepada Komisi Pemilihan Umum Daerah dan Badan Pengawas Pemilu selama tahun politik.

"Hal ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo yang merupakan upaya penting untuk menjaga integritas proses pemilihan," ujar Romi saat hadir bersama ratusan Penjabat Bupati dan Wali Kota, serta Penjabat Gubernur dari seluruh Indonesia di Istana Negara untuk mendengarkan arahan dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pada Senin (30/10/2023).

Romi menyampaikan bahwa sebagai bagian dari langkah-langkah menjaga netralitas ASN menjelang pemilihan, Pemkab Kayong Utara telah mengeluarkan instruksi khusus kepada ASN.

Instruksi ini, disebutnya mencakup imbauan dan Surat Edaran Bupati nomor 700/2732/BKPSDM/-II tentang Netralitas ASN dan Pegawai Tidak Tetap (Tenaga Honorer) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kayong Utara.

"Dalam surat edaran tersebut, ASN diminta untuk tidak menyebarkan berita hoaks yang dapat memengaruhi proses pemilu, memastikan bahwa mereka tetap memegang prinsip netralitas dalam menjalankan tugas mereka," paparnya.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Kayong Utara juga telah menjalin kesepakatan kerja sama (MOU) dengan Bawaslu terkait upaya menjaga netralitas ASN. Kerja sama ini bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh ASN di Kabupaten Kayong Utara dapat berpartisipasi dalam pemilihan secara adil dan netral.

"Pemerintah Kabupaten Kayong Utara juga mendukung aktif KPUD dan Bawaslu dengan mengalokasikan anggaran hibah. Dukungan ini merupakan bentuk komitmen Pemkab Kayong Utara dalam mendukung kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan pemilihan di daerah tersebut," imbuhnya.

Romi meyakini bahwa pemilihan di Kayong Utara akan berjalan sesuai dengan tahapan yang telah ditetapkan dan akan terlaksana dengan baik dan lancar. Ia juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Forkompinda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) dan masyarakat atas dukungan yang telah diberikan dalam menjalankan proses pemilihan.

"Dengan komitmen yang kuat dalam menjaga netralitas ASN dan memberikan dukungan kepada lembaga terkait pemilihan, Pemerintah Kabupaten Kayong Utara bertekad untuk menyelenggarakan pemilu yang adil, transparan, dan demokratis, serta menjaga stabilitas politik," pungkasnya.

(MC Kab. Kayong Utara/bila)

INSTAGRAM FEED