Lomba Desa Memotivasi Desa Jadi Lebih Baik

Lomba Desa Memotivasi Desa Jadi Lebih Baik

Kayong Utara, InfoPublik - Desa Teluk Batang Kota mewakili Kabupaten Kayong Utara, pada lomba desa tingkat Provinsi Kalimantan Barat.

Penilaian Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2019 dilaksanakan di kantor Desa Teluk Batang Kota, Kecamatan Teluk Batang, Kamis (23/5).

Sekda Kayong Utara Hilaria Yusnani dalam sambutannya berharap, Lomba desa tersebut diharapkan dapat menjadi contoh positif sekaligus motivasi bagi desa-desa lain yang ada di Kabupaten Kayong Utara untuk terus memperbaiki dan memajukan desa masing-masing.

“Pembangunan desa ini merupakan cerminanan keberhasilan dari sebuah Kabupaten,” tuturnya.

Pemerintah kabupaten Kayong Utara berharap Desa harus mematuhi peraturan tentang mekanisme penyerapan anggaran desa sehingga tidak terjadi keterlambatan. “Tentunya data yang ada harus lengkap,” tuturnya.

Ketua tim penilai Lomba Desa Tingkat Provinsi Kalbar Ahmad Salafuddin menerangkan, ada tiga aspek yang masuk dalam penilaian lomba, yakni aspek soal pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan.

Kegiatan lomba Desa dan Kelurahan tahun 2019 sendiri merupakan program yang bersifat rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya.

Program ini, menurut Ahmad mengacu pada peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 81 tahun 2016 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan.

“Kami berharap bahwa seluruh anggaran yang diberikan kepada desa setiap tahunnya dan alokasi dana desa, pajak daerah kabupaten , harap dikelola dengan baik agar menjadi motivasi positif," jelasnya.

Acara penilaian perlombaan desa ini dimulai dengan penyambutan kepada tamu, dengan tatacara budaya dan kesenian melayu yang ada di Desa Teluk Batang. (Mc kab kayong utara/ humas /zall / agung /toeb)

BAGIKAN KE

Komentar