Keriang Bandong Meriahkan Ramadan di Kayong Utara

Keriang Bandong Meriahkan Ramadan di Kayong Utara

Sukadana, InfoPublik - Puluhan Komplek perumahan dan gang-gang permukiman warga di Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat menghiasi lingkungan dengan lampu hias, obor dan pelita atau biasa disebut sebagai Keriang Bandong, untuk memeriahkan Ramadan 1440 H.

Salah satunya Iwan, warga Gang Selamat, Desa Pangkalan Buton, yang rela mengeluarkan ratusan ribu rupiah hanya untuk sekadar membeli lampu hias dan bahan bakar minyak tanah, sebagai bahan bakar obornya, atau masyarakat setempat menyebutnya obor colok. "Untuk membeli lampu hias, minyak tanah dan bambu, saya rela keluarkan ratusan ribu rupiah," ucap Iwan, Selasa (7/5/2019).

Ia juga mengatakan, momen berharga saat Ramadan jangan sampai di sia-siakan. "Meski ini momen tahunan, umur kita siapa yang tau kan, selain beribadah, ini juga merupakan upaya untuk turut memeriahkan hari yang mengembirakan ini," katanya.

Selain menjadi kebahagiaan tersendiri bagi masyarakat yang menghiasi lingkungannya, Momen Keriang Bandong ini juga menjadi event tahunan yang digelar Dinas Pendidikan Kayong Utara.

Keriang Bandong adalah penyalaan sejenis obor dari bambu kecil yang diberi sumbu dan diletakkan di halaman rumah-rumah pada malam hari sepanjang bulan Ramadan.(Mc kab/ Kayong Utara/ zall/ norita)

BAGIKAN KE

Komentar