4 Pelajar SMAN 3 Simpang Hilir Wakili KKU di Gita Bahana Nusanantara 2019

4 Pelajar SMAN 3 Simpang Hilir Wakili KKU di Gita Bahana Nusanantara 2019

Kayong Utara, InfoPublik - Empat Pelajar SMA Negeri 3 Simpng Hilir, lolos seleksi dan menjadi perwakilan peserta Gita Bahana Nusantara Kayong Utara 2019.

Ke-4 pelajar ini, berhasil menyisihkan puluhan pelajar lain yang mengikuti audisi Gita Bahana yang dilaksanakan Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan Kabupaten Kayong Utara, Jumat (26/4).

Keberhasilan para siswa ini diakui Haidir, salah seorang guru di SMAN 3 Simpang Hilir, berkat latihan para muridnya selama enam bulan yang mereka jalani.

“Latihan rutin yang dilakukan pelajar kami ini ternyata membuahkan hasil yang gemilang. Empat pelajar terdiri dari 2 pelajar putri yang mewakili suara Sopran dan Alto serta dua Pelajar putra yang mewakili suara Tenor dan Bas berhasil lolos dan menjadi peserta sebagai perwakilan dari Kabupaten Kayong Utara,” tutur Haidir.

Dia berharap, para pelajar ini dapat lolos di tingkat Provinsi dan menjadi perwakilan Kalbar untuk ke Jakarta.

Jumadi Gading, Plt Sekretaris Dinas Pendidikan kepada wartawan menjelaskan, pemerintah Kabupaten Kayong Utara telah menyiapkan pelajar untuk mengikuti Audisi Paduan Suara Gita Bahana Nusantara tingkat Provinsi Kalbar tahun 2019 yang digelar pada 15 - 16 Juni mendatang.

"Kegiatan ini menjadi agenda rutin dari dinas untuk menyeleksi putra-putri terbaik Kayong Utara, yang nantinya akan menjadi perwakilan pada perlombaan Paduan Suara dan Orkestra Gita Bahana Nusantara Tingkat Provinsi Kalimantan Barat," jelasnya.

Adapun para pelajar yang lolos tersebut yakni Firdaus, Rifaldi, Herviana, dan Anisa. Keempat pelajar ini nantinya akan dilatih kembali sebelum dikirim ke tingkat Provinsi di Pontianak.

Peserta yang lolos audisi akan kita kirim lagi untuk mengikuti audisi tingkat Provinsi di Pontianak.

“Peserta yang lolos di tingkat provinsi, mereka akan ditampilkan dalam acara kenegaraan di Gedung MPR/DPR RI tanggal 16 Agustus 2019 dan pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2019, di Istana Merdeka, Jakarta," jelas Jumadi.

Dalam audisi tersebut, para Juri di antaranya Hidayatussalihin, Dyah Pratiwi dan M Multazam, sedangkan lagu wajib yang menjadi pilihan peserta meliputi, Indonesia Tetap Merdeka, Selendang Sutera, Mekar Melati, Sepasang Mata Bola, Merindukan Amboina, Tidurlah Intan, Tanah Air, Serumpun Padi, Tanah Air Ku, dan Gembira, dan dengan Kategori nada suara, AltoSopranTenor dan Bass,.

Sementara itu Penilaian lomba dalam kegiatan ini didasarkan pada materi suara, intonasiritmikekspresi, penampilan dan kemampuan membaca notasi. (Mc kab kayong utara/ zall/ norita/toeb).

BAGIKAN KE

Komentar