Kue Jintan dan Teripang Jadi Kuliner Khas Pulau Serutu

Kue Jintan dan Teripang Jadi Kuliner Khas Pulau Serutu

Serutu, InfoPublik - Masyarakat Pulau Serutu suguhkan kuliner khas Sulawesi kepada tamu saat tim Kajian Pelindungan Cagar Budaya (KPCB) di Kepulauan Karimata dan berlabuh di Pulau Serutu minggu (11/3/2019).

Kuliner khas berupa kue Jintan dan kue Teripang pun segera di suguhkan ibu Senah, saat Tim Kajian Perlindungan Cagar Budaya (KPCB) tiba di pemukiman penduduk yang hanya di tempati oleh lima(5) Kepala Keluarga di sebelah Selatan pulau Serutu yang merupakan pulau terluar Wilayah Kayong Utara.

"silakan di makan kuenya, ini makanan khas kami orang sulawesi " ucap ibu Senah kepada Tim KPCB yang sengaja bertandang ke salah satu rumah masyarakat yang ada disekitar Situs Budaya dan Sejarah yang ada di pulau Serutu, desa Betok Jaya, Kecamatan Kepulauan Karimata, Kayong Utara.

Makanan yang di nilai exotik dan pengolahannya extra cepat itupun segera di cicipi para anggota tim sambil bertanya kepada ibu Senah tentang bahan dari kuliner khas Sulawesi tersebut." tak banyak bahannya, kalau kue teripang menggunakan tepung beras ketan dan gula aren, dan kue jintan hanya gunakan tepung beras ketan dan telur ayam " jelas ibu Senah kepada Tim.

Kemudian ibu Senah menceritakan kuliner yang di suguhkannya saat ini, di tempat asalnya merupakan kuliner khas yang wajib di sajikan saat sedang di adakannya gawai lamaran pernikahan masyatakat Sulawesi."kalau di tempat kami ke ini wajib ada kalau orang mau melamar" kata ibu Senah menceritakan.(Mckab kayong utara/zall/norita)

...

BAGIKAN KE

Komentar