Bupati ajak OPD Terkait Majukan Transmigarasi

Bupati ajak OPD Terkait Majukan Transmigarasi

Sukadana, InfoPublik - Bupati Kayong Utara Citra Duani meninjau pemukiman transmigrasi di dusun Semanai, desa Simpang Tiga, kecamatan Sukadana, Minggu (25/2). Kendati tampak maju, daerah ini masih perlu sentuhan agar pemukiman Transmigrasi Semanai lebih bergairah.


Kunjungan Ini merupakan kali pertama Bupati Citra datang ke pemukiman yang dihuni 150 kepala keluarga itu sejak dilantik sebagai orang nomor satu di jajaran eksekutif Kayong Utara pada sekitar lima bulan lalu.

Dihadapan wrga masyarakat transmigrasi, Bupati katakan bahwa pemukiman transmigrasi di Semanai jauh lebih maju dibandingkan dengan sejumlah pemukiman transmigrasi yang ada di Kayong Utara.

“Hampir semua perkampungan transmigrasi sudah saya datangi. Dan saya melihat, kondisi disini (transmigrasi Semanai, red) lebih maju walau baru beberapa tahun,” katanya.

Diakui Bupati, pemukiman transmigrasi Semanai bisa lebih maju karena lokasinya dekat dengan pemukiman atau pasar Siduk. Bahkan, hasil pertanian juga akan lebih mudah dipasarkan di Sukadana dan juga Ketapang melintasi Siduk sebagai pusat desa Simpang Tiga.

Kendati tampak maju, namun Bupati mengakui masih banyak sentuhan yang harus dilakukan untuk menjadikan pemukiman Transmigrasi Semanai lebih bergairah.

Karena itu, dirinya selaku Bupati akan mendorong pejabat instansi terkait untuk bersinergi agar masyarakat transmigrasi dapat hidup lebih sejahtera. “Saya akan perintahkan pejabat-pejabat dinas terkait untuk memikirkan bagaimana masyarakat transmigrasi ini maju dan berkembang,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Desa Simpang Tiga, Rajali menyampaikan terimakasih atas kunjungan Bupati di desanya. Kepada Bupati, Kades Rajali pun menyampaikan beberapa hal yang menjadi kendala masyarakat transmigrasi. Di antaranya, kondisi jalan poros, listrik dan air bersih masih menjadi keluhan masyarakat.

"Saya berharap agar pemerintah melalui dinas terkait bisa sering berkunjung ke pemukiman Transmigrasi, sehingga dapat merasakan sekaligus membantu melalui program-program pemerintah yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat transmigrasi" ucap Rajali. (Mckabkayongutara/zall/norita/toeb).

BAGIKAN KE

Komentar