PKK KKU Lombakan Balita Sehat 2019

PKK KKU Lombakan Balita Sehat 2019

Kayong Utara, InfoPublik - Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kayong Utara, Julianti Effendi Ahmad, menghadiri sekaligus membuka secara resmi kegiatan Lomba Balita Indonesia Sehat Tingkat Kabupaten Kayong Utara Tahun 2019 di Gedung Balai Nirmala Sukadana, Rabu (18/9). Kegiatan yang diselenggarakan oleh Bidang Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kabupaten Kayong Utara tersebut bertemakan Balita Sehat, Bebas Stunting Ciptakan Generasi Cerdas dan Berkualitas.

Dalam sambutannya, Ketua TP. PKK  Kayong Utara memberikan apresiasi kepada panitia penyelenggara Lomba Balita Indonesia Sehat.

"Saya memberikan aprasisasi kepada panitia penyelenggara Lomba Balita Indonesia Sehat yang diselenggarakan pada hari ini, karena kegiatan ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mencegah terjadinya Stunting (Masalah Gizi Kronis) terhadap anak-anak yang ada di Kayong Utara," ucap Istri Wakil Bupati Kayong Utara tersebut.

Julianti juga mengungkapkan anak tumbuh sehat, adalah dambaan dan harapan orang tua serta pemerintah.

"Setiap anak bersifat unik dan tidak ada yang sama dan serupa meskipun mereka kembar, namun setiap anak yang tumbuh berkembang sehat, cerdas dan kreatif adalah dambaan dan harapan para orang tua serta pemerintah. Anak merupakan generasi penerus dan harapan bangsa, sehingga mereka harus tumbuh berkembang dengan sehat dan cerdas demi terciptanya generasi pemimpin bangsa yang sehat dan cerdas dimasa yang akan datang," ungkapnya.

Kemudian Ketua TP. PKK Kayong Utara menjelaskan, orang tua adalah sebagai pengemban tugas hak anak yang mempunyai peran cukup besar bagi kesehatan dan kesejahteraan balita. Sehingga ada beberapa kewajiban yang harus dilakukan orang tua, agar balitanya dapat diasuh secara maksimal yaitu antara lain pemenuhan asupan gizi sejak dalam kandungan, pemenuhan ASI eksklusif dan imunisasi lengkap pada bayi, pemantauan tumbuh kembang di Posyandu atau sarana pelayanan lainnya. Termasuk pemeliharaan kesehatan baik jasmani maupun rohani, penyediaan sanitasi lingkungan yang baik, kepemilikan akte lahir dan pengaturan jarak kelahiran.

Selanjutnya Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Susi Ariani mengatakan, kegiatan Lomba Balita Indonesia Sehat ini bertujuan sebagai media pembelajaran dan motivasi kepada para orang tua. Serta petugas kesehatan tentang pentingnya pemantauan pertumbuhan dan gizi Balita.

"Kami menyelenggarakan kegiatan Lomba Balita Indonesia Sehat ini bertujuan sebagai media pembelajaran sekaligus motivasi kepada para orang tua, serta petugas kesehatan tentang pentingnya pemantauan pertumbuhan dan gizi Balita. Sehingga bisa meningkatkan kesadaran ibu untuk sering memantau pertumbuhan Balita dan memotivasi ibu dalam meningkatkan status gizi, serta memotivasi petugas kesehatan khususnya ibu bidan dan petugas gizi agar mengetahui keadaan gizi," ucap Susi.

Kemudian Susi juga menjelaskan  untuk mengatasi Balita Stunting perlu dilakukan perbaikan gizi sejak janin dalam kandungan, pemberian ASI eksklusif sampai usia 6 bulan dan pemberian makanan pendamping ASI yang tepat mulai usia 6 bulan. Apabila beberapa hal ini sudah dilakukan dengan baik dan benar, maka saya yakin Balita kita tidak akan mudah terkena Stunting, tuturnya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Camat Sukadana, Ketua TP. PKK Kecamatan Sukadana, Kepala Puskesmas Sukadana serta diikuti oleh 16 Balita yang telah diseleksi oleh Puskesmas di 8 Wilayah Kerja Puskesmas Kabupaten Kayong Utara. (mckab kayong utara/jap/zall/agung)

BAGIKAN KE

Komentar