46 Pesarta ikuti tes program ADIK

46 Pesarta ikuti tes program ADIK

Kayong Utara, InfoPublik - Sebanyak 46 peserta tes tertulis Program Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADIK) ikuti seleksi di SMKN 1 Sukadana, Selasa 18/6. Dari 46 peserta yang rata rata berasal dari Pulau Maya dan Kepulauan Karimata tersebut, mengikuti seleksi tertulis Program ADIK yang di lakukan.

Salah seorang Tim Penguji Tes Tertulis Program ADIK 3T, Dr.Ir. Didid Diapari.M.Si mengatakan, program tersebut merupakan upaya pemerintah dalam pemerataan akses pendidikan tinggi di daerah Terluar, Terdepan, dan Tertinggal (3T) di Indonesia.

"Pemerataan akses Pendidikan Tinggi sangat penting dalam upaya Mencerdaskan Bangsa serta untuk menyiapkan insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif. Oleh karena itu, pemerintah melakukan peningkatan akses dan kesempatan belajar di perguruan tinggi melalui upaya afirmasi pendidikan tinggi," jelas Didid saat diwawancarai.

Didid juga mengakui jika para peserta yang berasal dari daerah 3T mengituti tes reguler, kesempatan untuk lolos di seleksi dinilai relatif kecil, karena para peserta yang berasal dari daerah 3T umumnya relatif sangat minim untuk mendapatkan informasi.

"Kita menyadari kesempatan untuk berilmu di Indonesia ini relatif tidak merata, karena daerah-daerah 3T tersebut mendapatkan informasi ilmu yang relatif kurang," jelasnya.

Didid juga mengatakan, kemungkinan hampir setengah dari peserta tes, dapat lolos di seleksi tersebut, tergantung kuota yang di sediakan oleh Kemenristek DIKTI.

"Sebenarnya bukan lolos atau tidaknya, tapi seberapa besar kuota yang di sediakan yang saat ini masih di rahasiaka oleh DIKTI, mungkin bisa mendekati setengah dari peserta yang mengikuti tes," ujarnya.(Mc kab kayong utara/ zall/ agung)

BAGIKAN KE

Komentar