Mamanam, Nam, dan Riam Dilepas Liarkan di Hutan

Mamanam, Nam, dan Riam Dilepas Liarkan di Hutan

Kayong Utara, InfoPublik - Mamanam, Nam, dan Riam, tiga satwa orang-utan, berhasil di lepas liarkan di Sungai Kubang, Desa Batu Barat, Kecamatan Simpang Hilir, Kabupaten Kayong Utara, dengan Titik kordinat : 49 M 0398328 , UTM 9880060,  Jumat (24/5) sore.

Pelepas-liaran tersebut, dilakukan oleh tim Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Resort Sukadana SKW 1 Ketapang, tim Balai Taman Nasional Gunung Palung (BTNGP), tim IYARI Ketapang dan Masyarakat Desa Batu Barat.

Petugas Resort Sukadana SKW 1 Ketapang menjelaskan, pada hari Kamis (23/5/2019P petugas Resort melakukan koordinasi kepada petugas lapangan dari YIARI untuk mendapatkan informasi terkait orang-utan yang akan di rescue, petugas yg melakukan pemantauan sempat kehilangan jejak dari orangutan tersebut.

Dan sempat menghentikan pemantauan  karena situasi yang tidak memungkinkan, namun tak lama kemudian, petugas yang memantau dari dalam hutan mengabarkan telah menemukan orang-utan yang telah ditargetkan.

Tidak berapa lama kemudian sebelum beranjak dari lokasi kami mendapatkan Informasi dari Tim yang melakukan pemantauan dari dalam hutan di sekitar tempat orang-utan yang hilang dari pantauan, bahwa orang-utan telah ditemukan dengan ciri-ciri dan individu yang sama sesuai target yang akan di rescue.

“Akhirnya bersama-sama kami dan Tim rescue dari YIARI melakukan pengecekan langsung untuk memastikan apakah orang-utan tersebut benar-benar yang sesuai dengan yang akan di rescue," kata tim BKSDA lewat rilis resminya.

Namun dengan alasan keamanan, tim akhirnya memutuskan untuk melakukan penyelamatan kepada orang-utan pada pagi tanggal 24 Mei.

"Akhirnya kami berkomunikasi lagi apakah akan tetap lanjut atau dilanjutkan besok karena hari sudah semakin sore, dan akhirnya semua sepakat untuk melanjutkan penyelamatan besok pagi," imbuhnya.

Pada hari Jum'at tanggal 24 Mei 2019 petugas dan tim dari YIARI langsung menuju lokasi sarang dimana tempat orang-utan bersembunyi, yang mana akhirnya 
tim rescue dari YIARI telah berhasil mendapatkan satu individu orang-utan indukan Betina.

"Setelah dicek ternyata orangutan tersebut pernah beberapa kali di selamatkan dan di lepasliarkan di area kawasan taman nasional gunung palung beberapa tahun yg lalu, dan pada pukul 12:30 tim kemudian berhasil mendapatkan lagi satu individu orang-utan jantan anakan remaja," jelas tim

Setelah dilakukan pengecekan oleh tim medis dari YIARI didapatlah data-data orang-utan tersebut sebagai berikut :

Jenis kelamin : Betina (indukan) dewasa, Umur : -+ 20 tahun, Kondisi : sehat, Nama panggilan : Mamanam.

Jenis kelamin : Jantan (anakan) remaja, Umur : -+ 4 tahun, Kondisi : sehat, Nama panggilan : Nam

Adapun satu individu lainya yang akan ikut di lepas-liarkan yaitu Jenis kelamin : Jantan (remaja) anakan, Umur : -+ 4 tahun, Kondisi : sehat , Nama panggilan :Riam. (Mc kab kayong utara / zall / )agung/toeb

BAGIKAN KE

Komentar