16 Orang Peserta Ikuti Keterampilan Di Bilang Listrik Yang di Gagas oleh Disnakertrans Kayong Utara

16 Orang Peserta Ikuti Keterampilan Di Bilang Listrik Yang di Gagas oleh Disnakertrans Kayong Utara

Media CenterKU - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kepala Dinas, Erdison mengatakan kegiatan Pelatihan Dasar Teknik Listrik untuk meningkatkan keterampilan dan daya saing tenaga kerja lokal. Sukadana, Kamis 30 Mei 2024.

Salah satu upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan membangun kompetensi tenaga kerja yang memiliki daya saing yang kuat di masa depan.

Erdison menambahkan bahwa pelatihan dasar keterampilan di bidang listrik yang digelar Disnakertrans tersebut. Berlangsung selama 10 hari, mulai tanggal 27 Mei hingga 5 Juni 2024.

Selain itu, Erdison menuturkan ada 16 peserta yang berasal dari 4 kecamatan di Kayong Utara, yaitu Kecamatan Sukadana, Kecamatan Simpang Hilir, Kecamatan Teluk Batang, dan Kecamatan Seponti.

"Pemerintah dan pihak-pihak terkait memiliki tanggung jawab untuk memberikan bekal dan keterampilan kepada tenaga kerja sebelum memasuki dunia kerja," ujar Erdison.

Ia juga menambahkan bahwa perubahan di bidang ketenagakerjaan berlangsung dengan cepat dan kompleks, sehingga diperlukan tenaga kerja yang memiliki keahlian dan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.

"Pelatihan ini diharapkan dapat membantu para peserta untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka di bidang teknik listrik, sehingga mereka dapat lebih mudah mendapatkan pekerjaan dan meningkatkan kesejahteraan hidup mereka," kata Erdison Rabu (29/5) 

Lebih lanjut Erdison mengatakan, beberapa materi yang diajarkan dalam pelatihan ini meliputi:

Pertama Dasar-dasar teknik listrik

Kedua Pemasangan instalasi listrik

Ketiga Perawatan dan perbaikan peralatan listrik

Keempat Keselamatan kerja dalam teknik listrik

Untuk kedepannya, Erdison  berharap kepada peserta dengan mengikuti pelatihan nantinya dapat melihat perkembangan dan mampu mempersiapkan diri

"Pertama memiliki pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja, Kedua meningkatkan daya saing mereka dalam mencari pekerjaan, Ketiga eningkatkan kesejahteraan hidup mereka dan keluarga Dan yang kelima dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri," pungkasnya (Ink/B)

INSTAGRAM FEED